Home » , » Tips Membuat Kolam Ikan Koi

Tips Membuat Kolam Ikan Koi

Written By Unknown on 19 Jan 2013 | 14.59

Keberadaan kolam yang menghiasi sebuah hunian mampu membuat eksterior menjadi lebih indah dan natural. Apalagi di dalamnya terdapat ikan-ikan cantik misalnya ikan koi, pasti dapat mendatangkan ketenangan dan ketentraman hati bagi penghuninya.
kolam ikan koiKeindahan kolam akan semakin terasa dengan hadirnya ikan. Biasanya jenis ikan yang dipelihara dalam kolam adalah ikan koi. Sebab, ikan ini dapat tumbuh besar dan warna-warna kulitnya yang cantik membuat kolam semakin menarik.
Bila Anda tertarik untuk menghiasi kolam dengan ikan koi, sebaiknya kolam memiliki kedalaman yang cukup karena semakin dalam kolam, maka akan semakin baik dan koi yang dihasilkan pun berkualitas bagus. Jika kolam dangkal, koi tidak akan mendapatkan ruang yang nyaman untuk bebas berenang secara vertikal dan pertumbuhan koi pun menjadi terhambat.
Selain kedalaman, ukuran kolam juga perlu untuk diperhatikan. Jangan membuat kolam ikan koi yang terlalu kecil. Hal lain yang harus dihindari adalah kolam koi sebaiknya jangan dibuat di dekat pohon yang mudah menggugurkan daunnya. Karena daun bisa membusuk serta menyebabkan tumbuhnya lumut melayang yang  dapat memperkeruh air di dalam kolam dan mengganggu pertumbuhan koi.
Berbeda halnya dengan lumut yang menempel di dinding kolam, lumut jenis ini tetap membuat kolam terlihat jernih dan bisa menjadi makanan ikan koi. Agar ikan koi memiliki warna yang lebih cerah, Anda bisa mensiasati dengan memberikan warna hitam pada dinding kolam menggunakan cat kolam koi yang banyak beredar di pasaran, misalnya produk Flexy Coat Water Ponding. Selain mampu membuat ikan koi tampil lebih cantik, finishing cat juga akan mengurangi pertumbuhan lumut dan menghindari kontak langsung antara semen dengan kolam yang dapat mempertinggi ph air.
Untuk menghindari kolam dari air hujan, sebaiknya kolam ikan koi diberi naungan berupa kanopi. Yang perlu diingat, Anda harus rajin menjaga kondisi air di dalam kolam. Pastikan air tersebut selalu jernih  sehingga Anda perlu menggunakanfilter yang bisa dibuat di samping kolam.
Share this article :

2 komentar:

  1. Artikelnya bagus sekali, salah satu lg yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari langsung, setahu saya perubahan warna pada koi juga bisa dipengaruhi oleh itu.

    BalasHapus
  2. good information and really motivates us all. Do you like fishing? we have good news for you! for that visit us.


    Essen Oplosan Aroma Usar

    BalasHapus



 
Support : Aksara Firdaus | Taman Cinta | Your Link
Copyright © 2013. Berbagi itu Baik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger