Home » , » Membuat Sendiri Kolam Ikan Sederhana Dengan Modal Kecil

Membuat Sendiri Kolam Ikan Sederhana Dengan Modal Kecil

Written By Unknown on 19 Jan 2013 | 14.51

Evi saptriyawati
Hobi sih memelihara ikan, pingin banget rasanya punya kolam ikan sendiri, tapi kan biaya pembuatannya mahal. Tak perlu khawatir. Sekarang Anda dapat menyalurkan hobi tersebut dihalam rumah Anda. Seperti yang dilakukan oleh adik kelas Saya. Hanya dengan batu bata bekas ia mampu menyulap menjadi sebuah kolam ikan yang sangat minimalis. Mau tau caranya?
Modal yang Anda butuhkan tidaklah besar. Yang Anda perlukan adalah memanfaatkan batu bata bekas yang ada dirumah Anda, plastik bening yang biasa digunakan untuk sampul buku, ikan yang ingin Anda pelihara, dan tanaman air seperti enceng gondok atau teratai.
Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menyusun batu bata tersebut menjadi sebuah bangunan kolam sesuai dengan desain  yang Anda inginkan. Bentuk yang paling sederhana adalah persegi panjang, persegi, dan segitiga. Bentuk-bentuk ini tidak memerlukan semen dalam proses perekatan batu batanya, asalkan Anda mampu menyusun batu-batu tersebut rapat satu sama lain, sehingga tidak ada celah. Setelah bangunan tercipta, tutupi bagian dasar dan sisi-sisi kolam dengan plastik bening. Untuk mengganjal sisa platik pada bagian atas sisi kolam dapat ditimpa dengan batu bata atau dengan batu jenis lain sesuai dengan selera Anda.
kolam ikan sederhana dari setumpukan batu bata
Untuk plastik bening ini dapat digantikan dengan trash bag atau plastik ikan (packing fish) yang biasa digunakan pengusaha ikan dalam mendistribusikan ikannya. Untuk packing fish bisa Anda dapatkan ditoko-toko yang menjual segala kebutuhan perikanan, dijamin ada. Pemilihan jenis plastik ini disesuaikan dengan dengan jenis ikan yang ingin anda pelihara. Untuk ikan jenis Aligator atau hewan karnivora lebih baik Anda menggunakan plastik yang lebih tahan dari sobekan sehingga kolam tidak bocor. Selanjutnya masukkan ikan yang Anda ingin pelihara kedalam kolam dan air secukupnya, sesuai dengan kondisi hidup ikan yang Anda pelihara. Lalu hiaslah kolam dengan menambahkan tanaman air seperti teratai dan enceng gondok. Untuk dekorasinya, Anda bebas ciptakan sendiri sesuai dengan keinginan.
Selesai deh, kini kolam ikan ada di halaman rumah Anda. Cukup murah meriah bukan, cara pembuatannya juga sederhana, cukup dengan hitungan jam, sebuah kolam sederhana dan minimalis tercipta. Selamat mencoba :)http://saptriyawati.wordpress.com/
Share this article :

1 komentar:

  1. thanks infonya membantu sekali, dan jangan lupa kunjungi kami di Essen Ikan Lele Kilo Gebrus

    BalasHapus



 
Support : Aksara Firdaus | Taman Cinta | Your Link
Copyright © 2013. Berbagi itu Baik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger