Home » » Mesin Cuci Tidak Berputar

Mesin Cuci Tidak Berputar

Written By Ikhsan Firdaus on 28 Okt 2012 | 19.57


sumber http://pintarbengkel.blogspot.com/
Mesin cuci 1 tabung maupun mesin cuci 2 tabung, yaitu mesin cuci tidak mau berputar. Kejadian ini sering kali tidak ada tanda-tanda sebelumnya, bahkan sering kali terjadi ketika mesin cuci tidak mau berputar namun tetap di on kan atau dihidupkan maka yang terjadi kemudian adalah motornya jadi terbakar.

Beberapa masalah yang akan saya sampaikan ini diluar permasalahan putusnya kabel, artinya semua jalur kabel masih dalam kondisi bagus begitu pula dengan kondisi timer mesin cuci itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan kerusakan ketika motor mesin cuci bagian Washer atau Penggilingan tidak mau berputar.
  1. Kapasitor Mesin cuci Rusak, Rusak disini artinya bisa jadi kapasitornya kering atau bocor atau bahkan meledak. tidak menutup kemungkinan juga kondisi fisik dari kapasitor mesin cuci masih bagus namun sebenarnya  kapasitor tersebut sudah rusak.Untuk pengecekannya  anda bisa baca pada artikel disini.
  2. As nya seret, rupanya kasus ini tidak hanya terjadi pada kipas angin saja, mesin cuci pun juga mengalami masalah yang sama. Ini biasanya dikarenakan pelumasnya jadi kering sehingga menyebabkan As nya tidak mau berputar. Untuk pengecekannya Anda lepas terlebih dulu V belt nya kemudian anda putar pulley yang menempel pada As motor, bila berat maka kemungkinan memang as nya kotor.
  3. Bos As atau As aus, Bila Bos As atau As nya aus maka ketika dihidupkan mesin/motor akan mendengung keras sekali, untuk bos As sebelah atas pengecekannya adalah dengan cara anda lepas dulu V belt nya terus kemudian anda gerakkan As tersebut kekiri dan kekanan bila goyang itu artinya bos atau As nya memang Aus. Yang lebih sulit adalah pengecekan bos as atau As sebelah bawah, tidak ada cara lain kecuali harus dibongkar lebih dulu motornya.
  4. Motor Basah, Biasanya ini disebabkan karena Sil atau As Gear Box aus sehingga air dari atas sedikit demi sedikit akan mengalir ke bawah lalu ketika mesin dihidupkan airnya akan nyiprat dan membasahi motor beserta kumparannya, kemudian akan menyebabkan kumparannya jadi short. Untuk pengecekannya anda bisa langsung lihat kondisi motornya, kalau memang basah berarti harus dikeringkan lebih dulu.
  5. Kumparan motor soak atau short, bila semua sebab diatas tidak didapati maka ini adalah kemungkinan terakhir dan terburuk yaitu kumparannya sudah soak atau short bahkan mungkin sudah terbakar. Untuk pengecekannya harus menggunakan alat tersendiri yaitu tang amper atau bisa pula dengan amper meter. bila hasil pengukurannya lebih dari 0.6 Amper ketika tanpa beban maka bisa dipastikan motornya sudah rusak, silahkan di gulung ulang atau dibelikan motor yang baru.

http://pintarbengkel.blogspot.com/
Share this article :

2 komentar:

  1. gan punya saya mesin cuci 1 tabung, kerusakannya kadang2 gak bisa muter dan kadang muter tapi ngegesek ke sampingnya trus gak muter jadi pada kondisi sudah di on kan tapi ke gesek dan gak mau muter., itu apanya ya gan tolong pencerahannya

    makasih

    BalasHapus
  2. penyakit mesin cuci sy mirip dengan punya Muhammad tajudin,,bunyi doang tapi gak mutar.. gimana tuh?/

    BalasHapus



 
Support : Aksara Firdaus | Taman Cinta | Your Link
Copyright © 2013. Berbagi itu Baik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger