Home » , » Memperbaiki DVD Player

Memperbaiki DVD Player

Written By Ikhsan Firdaus on 29 Okt 2012 | 07.01


Seiring dengan frekuensi pemakaian membuat DVD Player mengalami kerusakan. Memang jenis kerusakannya berbeda-beda. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah DVD Player yang Sering No Disc atau Macet pada saat membaca keping disk. Memang DVD Player sekarang memiliki fasilitas USB yang bisa digunakan untuk memutar file video atau musik lewat flash disk, tetapi jika fasilitas untuk membaca keping disk bermasalah rasanya tetap ada yang kurang. Jika saat ini DVD Player anda mengalami kerusakan seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu DVD Player yang sering No Disc atau macet, maka mungkin bisa mencoba memperbaikinya sendiri dulu. Bagaimana caranya ? Silahkan simak terus artikel berikut.
Disamping kerusakan yang umum tadi, memang banyak kasus yang teknik memperbaikinya sama. Beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai DVD Player adalah :
  1. DVD Player saya, pada waktu awal memutar VCD/DVD bisa, tapi setelah 1/2 jam macet dan muncul tulisan NO DISC. DVD Player saya diamkan agak lama, trus saya coba lagi untuk memutar VCD bisa lagi tapi hanya bertahan 15 menit. Apanya ya ?
  2. DVD Player bisa memutar lagu via Flashdisk, tetapi untuk memutar VCD/DVD tidak bisa dan seringnya muncul tulisan NO DISC, walaupun kadang-kadang bisa. Yang rusak apanya ya?
Penyebab masalah DVD Player yang Sering No Disc / Macet :
  1. Kemungkinan 1 : Motor pemutar Disk rusak karena AS nya berkarat.
  2. Kemungkinan 2 : Optiknya Rusak.
  3. Kemungkinan 3 : Boardnya rusak di IC nya. Ini adalah kemungkinan terparah.
Langkah Cara Service DVD Player yang Sering No Disc / Macet :
Kemungkinan 1 :
Cek DVD Player Anda mulai dari  yaitu motor pemutar disknya. Jika anda punya motor penggantinya, coba langsung ganti saja motornya. Harga Motor = 8-15 ribu. Tapi kalau anda tidak punya stok motor pengganti, Anda bisa mencoba trik berikut ini untuk memperbaiki motor pemutar disk yang rusak :
  1. Cara ini 90% bisa mengatasi permasalahan motor pemutar disk anda yang rusak / macet yang mengakibatkan sering NO DISC.
  2. Bisa juga mengatasi motor yang membuat NO DISC dengan menyemprotnya dengan cairan contact cleaner atau bisa juga dengan WD40 di bagian AS motor nya.
  3. Jika Cara no 1 tidak berhasil coba cara 3 – 6 berikut ini.
  4. Lepas 2 kabel tegangan motor pemutar disknya. Motor ini bekerja pada tegangan 5 volt DC.
  5. Hubungkan motor ini dengan tegangan 12 volt DC selama 1/2 – 1 menit. Ulangi sampai 3 kali, jika perlu balik + dan – nya agar motor berputar ke arah yang berlawanan.
  6. Trik di atas adalah untuk membersihkan karat di AS motornya. Tegangan diberikan lebih besar agar putaran lebih kencang dan mampu menghilangkan kotoran atau karat di AS motor.
Kemungkinan 2 :
Jika setelah motor diganti, DVD Player tetap NO DISC, coba ganti OPTIK nya. Harga Optik kisaran 80 ribu.
Kemungkinan 3 :
Jika setelah ganti motor dan Optik, DVD Player tetap NO DISC, kemungkinan terakhir adalah boardnya yang rusak di IC ataupun komponen lainnya (transistor atau elco)
Demikian Cara Service DVD Player yang Sering No Disc / Macet. Semoga bermanfaat !

sumber : http://ekohasan.blogspot.com/
 http://sobatpc.com/
 
 
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Aksara Firdaus | Taman Cinta | Your Link
Copyright © 2013. Berbagi itu Baik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger